Gaji Setahun Frederick Kanoute Untuk Menyelamatkan Masjid Sevilla

Bismillah,

Dia adalah Frederick kanoute yang merupakan pemain sepak bola muslim club Sevilla asal Prancis, dan tidak hanya di ID cardnya saja yang tertera muslim tapi pemain bola yang satu ini betul-betul seorang muslim yang tidak perlu di ragukan lagi ketaatannya.

Yang paling menghebohkan adalah ia menghabiskan hampir setahun gajinya untuk membeli masjid yang boleh jadi merupakan satu-satunya bangunan ibadah umat Muslim di Kota Sevilla. Masjid inilah tempat yang dituju komunitas Muslim kota yang terletak di sebelah selatan Spanyol itu untuk menunaikan ibadah shalat Jumat.

Bila masjid ini menjadi tumpuan utama tempat ibadah komunitas Muslim Sevilla, tampaknya tidaklah berlebihan. Lantaran, sejatinya, masjid ini adalah sebuah bangunan yang mereka kontrak dan disulap menjadi sebuah masjid. Maka, ketika kontrak dan izin tersebut habis dan pemilik bangunan berniat menjual propertinya, tidak berlebihan pula bila komunitas Muslim Sevilla cemas. Mereka khawatir tidak akan mempunyai tempat lagi untuk beribadah.

Dan, datanglah bintang sepak bola asal Mali, Frederic Kanoute, meredam kecemasan itu. Rupanya, Kanoute sempat mendengar masalah ini dan memutuskan membeli bangunan tersebut. Tanpa ragu, pemain klub Spanyol, Sevilla FC, itu merogoh koceknya sebesar 510.860 euro atau setara dengan 700 ribu dolar AS (sekitar Rp 6,3 miliar) untuk menyelamatkan masjid di Sevilla itu agar tidak ditutup. Tentu saja, itu bukan uang yang sedikit. Kanoute menghabiskan hampir setahun gajinya untuk membeli masjid tersebut.

Tak ayal lagi, kemurahan hati Kanoute itu mencengangkan banyak pihak sekaligus sangat melegakan bagi komunitas Muslim tak hanya di Sevilla, tetapi juga seluruh Spanyol. Seperti dikatakan Dewan Komunitas Muslim Spanyol, jika tidak karena uluran tangan pemain berusia 33 tahun itu dapat dipastikan mereka akan kehilangan masjid dan kesulitan melakukan ibadah
shalat Jumat. “Jamaah di Ponce de Leon ini sangat beragam.

Jika tidak ada Kanoute, maka kami tidak lagi mempunyai masjid, khususnya untuk shalat Jumat yang merupakan hari libur bagi Muslim,” kata juru bicara Dewan Komunitas Muslim seperti dikutip harian cetak setempat, Diario de Sevilla.
Kanoute sendiri memilih bungkam atas pembelian itu. Sebaliknya, kalangan dekatnya mengatakan, langkah itu dilakukan karena ia tidak ingin melihat saudara Muslimnya yang sebagian besar migran dari Afrika Utara dan Afrika Barat tak lagi memiliki sebuah masjid di sebuah kota Eropa. Sementara pernyataan yang dikeluarkan klubnya hanya mengatakan bangunan itu memang telah ditawarkan, terletak di wilayah yang strategis, dan pembelian itu merupakan sebuah bentuk investasi yang normal. Pihak Balai Kota Sevilla mengonfirmasikan bangunan itu kini telah terdaftar dengan nama Kanoute.

Prestasi Kanoute

Bagi jagat sepak bola, Kanoute yang masuk dalam nominasi 2007 African Footballer of the Year Award memang menjadi daya tarik tersendiri. Selain dikenal dengan gol-golnya yang indah, Kanoute menjadi magnet karena identitas Muslimnya. Bersama dengan bintang lapangan hijau seiman, mereka mewarnai ketatnya jadwal kompetisi La Liga sekaligus menjadi sumber berita
yang tak pernah kering.

Seolah tradisi setiap kali menjelang Ramadhan, harian cetak Spanyol selama beberapa hari menjadikan Ramadhan dan pernak-perniknya sebagai sajian utama mereka. Dalam kehebohan media seperti ini, Kanoute serta bintang Muslim lainnya seperti Yaya Toure, Eric Abidal, Mahamadou Diarra, dan Lilian Thuram kerap menjadi bahan untuk tebak-tebakan. Media dan penggemar mereka akan sibuk menebak apakah mereka akan berpuasa atau tidak.

Sumber: https://tamannasyiah.wordpress.com/2012/05/09/kanoute/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s